Jumat, 26 Februari 2016

Kebudayaan Manusia Purba

 HASIL-HASIL BUDAYA MANUSIA PURBA DI INDONESIA

Kebudayaan adalah hasil pemikiran manusia yang dilakukan dengan sadar, yaitu sadar untuk apa segala sesuatu itu dilakukan atau diperbuat. Kebudayaan yang dibuat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayaan dibedakan atas dua macam, yaitu kebudayaan benda (materi) misalnya, peralatan rumah tangga, rumah, baju, dan lain-lain.Kebudayaan rohani (spiritual) misalnya seni suara, agama, hukum, dan sebagainya. Hasil budaya manusia purba antara lain;
1.      Kapak Perimbas
Kapak ini adalah milik Pithecantropus Erectus, yang ditemukan oleh Van Koenigswald tahun 1935 di Sangiran. Kapak ini tidak bertangkai dan penggunaannya dengan cara digenggam. Ditemukan di Pacitan, Sukabumi, Ciamis, Bengkulu.
2.      Alat Serpih
Alat ini berfungsi sebagai gurdi atau penusuk. Pemiliknya adalah Pithecantropus Erectus dan ditemukan di Sangiran oleh Van Koenigswald.
3.      Alat-alat Tulang
Alat-alat tulang diambil dari binatang yang telah diambil dagingnya lalu dikumpulkan. Alat ini berfungsi sebagai pisau, belati, tombak untuk berburu. Alat ini ditemukan di Ngandong, Jawa Timur.
4.      Alat-alat dari batu gerabah dan perhiasan
5.      Beliung persegi
            Beliung persegi adalah alat bercocok tanam  di daerah Indonesia bagian barat.
6.      Kapak lonjong
Bentuknya lonjong dan sudah diasah halus. Kapak ini banyak ditemukan di Maluku, Irian Jaya dan Sulawesi Utara.
7.      Mata panah
Alat ini digunakan untuk berburu dan memanah ikan. Mata panah dari ikan dibuat dari tulang dan yang untuk berburu dibuat dari batu. Bentuknya ada dua yaitu bersayap dan tidak bersayap.
8.      Gerabah
Gerabah adalah benda-benda yang terbuat dari tanah liat yang digunakan sebagai alat rumah tangga dan alat upacara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar